Friday 8 March 2013

a sucker, fucker, cheater!!

Ini pengalaman berharga bgt buat gw.. (passionnya udah ilang gara2 pas lg ngetik td bos tiba2 dateng)

Senin, tanggal 4 Maret kemaren gw iseng2, ga iseng juga sih, buka website lowongan kerja karir.com.. Disitu gw random masukin lamaran ke perusahaan yang kira2 kantornya ga jauh2 amat dr tempat tinggal gw.. Dan salah satu perusahaan yang gw lamar tuh PT. Tirta Utama sebagai Admin dan Data Entry.. Senin sore gw masukin lamaran, Selasa paginya gw dapet sms dari XL dan isi smsnya tuh bilang kalo gw dipanggil buat interview di PT. Tirta Utama.. Sempet curiga sih (banget!) soalnya sms itu langsung ngasih tau gaji, gede banget lg, 3 - 6jt! Udah gitu jadi karyawan tetap dan Kamis udah bisa gawe. Siapa sih yg ga tertarik.. Tapi gw curiga nih masa nerima karyawan gampang bgt gitu, udah gt dengan gaji yang gede lagi.. Dan jg tuh sms maksa bgt supaya kita dateng. Akhirnya gw searching di google, dan emang bener sih perusahaan itu banyak naro informasi lowongan kerja di berbagai situs kerja. Karena gw ga tau alamatnya, akhirnya gw nanya ke tetangga depan rumah. Ga lama, dy nanya bokapnya dan bilang
"hati-hati ci, dulu papa aku hampir ketipu disitu. Cuma itu dilantai 2"
"serius mba? nama PTnya apa?"
"nama PTnya sih beda.."
"oh, yaudah, lantainya jg beda, semoga aja beda perusahaan ya, mbak"
"iya, coba aja dulu. Tapi hati-hati, kalo dimintain duit jgn mau ya"
"oke, mba..."
Ga cuma nanya ke tetangga, gw jg nanya ke tante dan temen gw yg udah paham sama Jakarta..
Pulang ke rumah, gw langsung cerita sama ibu. Gw bilang gw curiga, tp kata nyokap coba aja, lumayan gajinya..
Oke, besok paginya, bangun tidur perasaan gw ga enaaaaak bgt.. Pas mau ke lokasi jg gw ninggalin no hape si perusahaan tipu itu + alamatnya.. Oiya, sebelum berangkat gw nanya Inge, dan dy bilang perusahaan itu emang ada, tp hati2, tanyain gajinya yg bener, takutnya sales, soalnya perusahaan ga mungkin ngasih gaji gede cuma2.... Akhirnya gw berangkat, bareng cowo gw ampe stasiun bojong dan turun di stasiun Manggarai. Begitu keluar stasiun, gw nanya ke tukang ojek, dan terjadilah percakapan
"kalo mau naik metromini 62 itu drmn ya?"
"dari terminal ka, emang mau kemana? Jln Dr Saharjo no 102 bukan?"
"iyaa"
"ooh, mau ke PT. MITRA UTAMA GLOBAL ya?"
"bukan, aku mau ke PT. Tirta Utama nya.."
"emang no berapa?"
"102"
"oh, itu mah iya PT. MITRA UTAMA GLOBAL. yaudah naik ojek aja ka"
(dan terjadilah tawar menawar, tapi tetep ga bisa ditawar.. yasudahlah, drpd jalan.."
singkat kata, si tukang ojek itu bilang kalo hati2 disana, jgn ngasih uang, dan kalo emang penasaran yaudah coba aja..
Nyampe lokasi gw ga percaya ternyata gedungnya, ihhh, kotor, jorok, SUREM!! Dari gedungnya aja auranya udah negatif banget.. Akhirnya gw masuk, dan ngeliat ga ada sedikitpun nama PT. TIRTA UTAMA di gedung busuk itu. Terus gw nanya Inge, apakan PT. MITRA UTAMA GLOBAL ini adalah perusahaan outsoursing? Tp Inge ga bales2 dan keburu gw dipanggil ke dalem, interview (katanya, pretttt), dan pulang..
Intinya, tuh interview ngeselin banget! Ga profesional deh yg interview gw, yang gw tanya ga bisa dijawab. Dan tau2 gw suruh bayar uang senilai Rp550.000,- ... Ngeseliiiinnnnn... Terus gw nanya (pertanyaan standar ttg mekanisme gaji dll udah gw tanyain duluan)
"perusahaan ini bergerak di bidang apa?"
"KAMU GA USAH NGURUSIN GINI-GINIAN, POKOKNYA KERJAAN KAMU NGETIK, NULIS, NGEDATA.."
"yaa saya kan bingung, saya harus ngedata apaan? apakah barang? atau apa?"
"SAYA UDAH BILANG, KAMU GA BERHUBUNGAN SAMA BARANG, TUGAS KAMU CUMA NGETIK, NULIS, NGEDATA. KALAU MAU TAU MAKANYA BESOK KAMU TRAINING"
aaarrrggggggghhh, yang bego itu siapaaaa siiihhh???
Akhirnya gw males debat dan uang gw senilai Rp 25.000,- gw kasiin ke si fakir tersebut. Ikhlas kok gw.. Yang gw ga suka, dy minta duitnya maksa bgt. Untung gw buru2 kepikiran kalo gw cuma bawa duit gocap. Gw bilang buat ongkos + makan dy ga peduli, malah tadinya nyuruh gw ambil uang di ATM! Parah!!!!
Turun gedung gw langsung telp tante gw, telp ria dan pacar gw yg lagi sibuk!
Tante gw bawel, dan nyuruh gw langsung pulang.. Marah2, dan minta no si penipu itu.. Ibu sms dan nanya, langsung gw bales dan jawabannya bijak "yaudah,yg penting kamu ga kenapa-napa..." (padahal saking shock nya gw ampe kebawa ke UNJ. bingung & bengong, kok ada orang tega ampe segitunya. untung ketemu bapak2 yg ga jahat dan disitu gw numpahin kekeselan gw)...
Dan akhirnya gw pulang, dengan segala kekesalan gw.. Ga mau gw balik lg kesana, tempatnya sureeemmmm!!!!!
Yang gw heran ampe skrg, kenapa dy tau gw ngelamar di PT. Tirta Utama? Apakah mereka kongkalikong? Atau PT. MUG itu bisa nyadap isi email dr perusahaan lain? Wallahualam..
Intinya, gw harus lebih hati2..
Temen2 deket gw pada gw ceritain dengan menggebu-gebu, kecuali pacar gw, kayanya dy ga tertarik...

No comments:

Post a Comment